Zealandia, Benua Tersembunyi di Bawah Selandia Baru

Tempo.Co 21-Feb-2017 03:17 Technology
Zealandia, Benua Tersembunyi di Bawah Selandia Baru

HayalBand, Wellington -Jika selama ini Anda berpikir Bumi hanya terdiri dari tujuh benua, pikirkan lagi. Karena ada satu kandidat benua baru yang akan bergabung. Katakan halo pada Zealandia, sebuah daratan besar yang hampir sepenuhnya terendam di barat daya Pasifik.

Namanya tidak sepenuhnya asing. Anda mungkin pernah mendengar sebuah negara yang memiliki gunung-gunung tinggi dan dua pulau yang dikelilingi perairan: Selandia Baru. Para peneliti dari Victoria University of Wellington dan University of Sydney menyatakan, Zelandia memenuhi syarat sebagai sebuah benua dan mereka mendesak baru agar Zealandia diakui sebagai benua.

Dalam sebuah makalah berjudul "Zealandia: Earth's Hidden Continent" yang diterbitkan dalan Jurnal Geological Soceity of America, para peneliti menjelaskan bahwa wilayah Zealandia seluas 5.000.000 km persegi atau duapertiga dari luas wilayah Australia. Sekitar 94 persen wilayahnya berada di bawah air dengan hanya beberapa pulau dan tiga daratan besar mencuat keluar di atas permukaan: pulau bagian utara dan selatan Selandia Baru serta New Caledonia.

Anda mungkin berpikir, wilayah yang berada di atas perairan dipandang penting untuk disebut sebagai sebuah benua. Tapi para peneliti melihat serangkaian kriteria yang berbeda. Kesemuanya dipenuhi oleh calon benua baru ini. Kriteria itu adalah ketinggian di atas wilayah sekelilingnya, geologi yang khas, daerah yang didefinisikan baik, dan kerak yang lebih tebal (crust thicker) dibanding dasar laut biasa.

Penulis utama makalah tersebut, ahli geologi Selandia Baru Nick Mortimer, mengatakan, para peneliti telah mencari data perihal Zealandia lebih dari dua dekade. "Nilai-nilai keilmuan yang mengklasifikasi Zealandia sebagai sebuah benua jauh lebih penting ketimbang hanya tambahan nama dalam daftar benua," jelas para peneliti. Sebuah benua terbenam yang belum terpecah-pecah berguna untuk “menjelajahi kohesi dan pecahnya kerak benua".

BBC | NBC| GEOSOCIETY| HOTMA SIREGAR
Baca juga:
Kasus Pencucian Uang, Bendahara GNPF MUI Diperiksa Bareskrim  
Seno Gumira Luncurkan Novel Drupadi, Baca Wawancara Ini

Related Post